Kabar menggembirakan datang dari tim the Avatars yang beranggotakan Bahrun Nur (Ilmu Komputer 2011), Pranata Adam (Ilmu Komputer 2011), dan Haydar Ali Ismail (Ilmu Komputer 2012) yang telah berhasil melewati babak semifinal Indonesia pada 22 Maret 2014 bertempat di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.
Dilansir dari situs http://blogs.msdn.com/b/indonesia/archive/2014/03/05/pengumuman-semi-finalis-imagine-cup-2014-indonesia.aspx, The Avatars dengan aplikasinya yang bernama Plumber adalah satu-satunya wakil UGM di ajang kompetisi teknologi tingkat dunia paling bergengsi ini yang berhasil masuk Final Imagine Cup 2014 Indonesia kategori Innovation bersama dua tim yang lain.
Plumber dibuat berdasarkan masalah di kehidupan sehari-hari kita contohnya ketika saat ini informasi yang ditawarkan oleh dunia maya (web) sangatlah besar dan lengkap serta dapat diakses dalam waktu yang sangat singkat. Namun, hal tersebut tidak disertai dengan kontrol yang memadai bagi pengguna akses internet yang menyebabkan information overload dan mengakibatkan kita terjebak dalam arus informasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan sekaligus wasting time.
Untuk itu dibutuhkan serpihan informasi yang dapat membantu pengguna dalam mengkontrol dan me-manage informasi mana yang sebenarnya mereka cari dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Lahirlah aplikasi Plumber. Serpihan informasi yang diberikan oleh Plumber merupakan serpihan yang didapatkan dari proses perangkuman informasi yang panjang menjadi informasi yang singkat berupa kalimat inti dari keseluruhan informasi. Proses perangkuman informasi tersebut menggunakan pendekatan Statisticall Natural Language Processing. Sehingga rangkuman informasi yang diberikan oleh Plumber dapat dipertanggung jawabkan secara teknis. Plumber memiliki tiga fitur utama yaitu Summarize, Interest Equalizer, serta News Coverage.
logo Plumber
tampilan fitur Summarize Plumber
Nantinya pada tahap final pada 11 April 2014 di The Oval, Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta tiga tim dari masing-masing kategori kompetisi akan mempresentasikan aplikasi mereka. Final Indonesia merupakan acara yang dibuka untuk umum dan akan dihadiri oleh para pelajar, akademisi, media, pengunjung setempat, Microsoft dan tamu undangan. Di akhir acara satu tim terbaik dari masing-masing kategori kompetisi akan dipilih berdasarkan penilaian juri untuk menjadi World Semifinalist, jadi total akan ada 3 tim yang terpilih mengikuti World Semifinal yang nantinya berujung pada puncak kompetisi yaitu World Final yang bertempat di hometown Microsoft , Seattle.
Diucapkan selamat dan semangat pada tim the Avatars semoga bisa mengharumkan nama UGM dan Indonesia di kancah internasional. Semoga aplikasi yang telah dibuat akan menjadi bagian dari kemajuan inovasi dan teknologi informasi di Indonesia khususnya.
Sampai jumpa di Final Imagine Cup 2014 Indonesia. UGM jaya, Indonesia pasti bisa!