Tentang Ilmu Komputer

Sejarah

Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Komputer dimulai pada tahun 1987, di bawah koordinasi Jurusan Matematika FMIPA. Seiring dengan perkembangan penerapan teknologi komputer, maka mulai tahun 2005 Program Studi Ilmu Komputer membentuk minat studi, meliputi :

  • Sistem Informasi dan Multimedia
  • Sistem Cerdas
  • Komputasi
  • Sistem Komputer dan Komunikasi Data

Mulai tahun 2010, penyelenggaraan Program Studi Ilmu Komputer dikoordinasikan oleh Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika.

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Komputer yang terkemuka dan unggul secara nasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang sistem dan teknologi informasi.

Misi

Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan proses pendidikan pada garis depan dengan lulusan bertaraf internasional dengan jalan :

  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas tenaga akademik dan mahasiswanya maupun lulusannya dalam penelitian dasar dan aplikasinya yang mendukung pengembangan ilmu komputer serta teknologi informasi untuk kesejahteraan bangsa dan manusia.
  • Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan Pendidikan

  • Menghasilkan lulusan dengan kemampuan akademik tinggi serta kecerdasan emosional yang tinggi dengan menjunjung etika berprofesi, dan dibekali dengan kemampuan bahasa Inggris yang memadai, sehingga mampu bersaing di tingkat internasional.
  • Mempercepat waktu kelulusan serta memperkecil persentase mahasiswa yang drop-out maupun mengundurkan diri.
  • Meningkatkan produktivitas lulusan program studi.
  • Meningkatkan tingkat persaingan untuk menjadi mahasiswa PS Ilmu Komputer.
  • Meningkatkan jumlah tenaga pengajar yang mempunyai jenjang pendidikan S3.
  • Memperbanyak hasil karya dosen maupun mahasiswa yang diakui di tingkat nasional maupun internasional baik dalam pertemuan ilmiah maupun publikasi ilmiah.

Sasaran

No. Sasaran Tindakan 2009 2010 2011
1 Jumlah mahasiswa lulus dalam waktu ≤ 8 semester
  • Perbaikan metode belajar-mengajar dan pembimbingan akademik/ tugas akhir
  • Perbaikan fasilitas pembelajaran
30 % 32 % 35 %
2 Jumlah RPKPS berbasis internet
  • Pembuatan RPKPS
  • Pembaruan RPKPS
50 % 75 % 100 %
3 Rata-rata IPK lulusan
  • Perbaikan metode belajar-mengajar dan pembimbingan akademik/ tugas akhir
  • Perbaikan fasilitas pembelajaran
3,27 3,30 3,30
4 Update kurikulum Revisi kurikulum minor (setiap tahun) dan mayor (setiap 5 tahun) minor minor mayor
5 Prosentase mahasiswa yang lama penyelesaian skripsi ≤ 1 tahun Perbaikan metode pembimbingan dan fasilitas penunjang penelitian/ laboratorium 60 % 65 % 70 %