Mahasiswa Ilmu Komputer Juarai CTF CompFest 8

19 Sep 2016

CTF-Compfest8

Pada tanggal 18 September 2016, Tim dari Ilmu Komputer UGM berhasil menyabet juara 2 pada kontes CTF (Capture The Flag) yang diadakan pada acara Compfest8 di Universitas Indonesia. Tim deadf00d yang terdiri dari M. Rizky Irfianto (2014), Randy Kusuma Putra (2015), dan Axel (2015) ini berhasil meraih podium setelah memperoleh nilai diatas puluhan tim lainnya.

Acara CompFest sendiri merupakan acara tahunan tingkat nasional yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dimana CompFest menghadirkan berbagai kompetisi IT yang dapat membawa inovasi berdaya guna bagi masyarakat, pameran IT dengan teknologi terbaru Indonesia yang dikemas dengan konsep gamifikasi, seminar mengenai berbagai macam topik terbaru IT, dan tentunya Internet of Things Academy dan Startup Academy yang bertujuan untuk memajukan kreativitas pemuda-pemudi Indonesia.

Kompetisi yang diadakan pada acara CompFest tahun ini berupa Business-IT Case, Kompetisi di mana peserta ditantang untuk memecahkan berbagai kasus bisnis dengan memberikan solusi yang inovatif melalui pendekatan teknologi informasi dalam bentuk presentasi kepada para stakeholder. Kontes Competitive Programming dimana mempertandingkan kemampuan problem solving dengan menggunakan program dalam batasan-batasan tertentu, seperti waktu dan memori.

Selain itu ada pula Hackathon CompFest 8, mengusung tema ”A Mission to Help SMEs” dengan konsep kompetisi yang unik, hadir sebagai ajang kompetisi application development bagi peserta untuk membuat aplikasi dalam waktu 24 jam untuk menyelesaikan permasalahan nyata UKM-UKM di Indonesia. Ada juga Indie Game Ignite kompetisi dalam bidang game development untuk para indie developer tanpa batasan tema.

Tim deadf00d (kiri bawah) saat kontes CTF

Tim deadf00d (kiri bawah) saat kontes CTF

Kontes CTF sendiri merupakan suatu kontes di bidang network & information security yang menguji kemahiran dan pengetahuan dalam security assessment dan vulnerability exploitation terhadap berbagai kategori permasalahan. Kontes CTF pada CompFest8 sendiri mengangkat konsep Jeopardy CTF dengan permasalahan dari berbagai kategori seperti web hacking, steganography, cryptography, forensic, reverse engineering, dan binary exploitation.