Mahasiswa Ilmu Komputer Menjuarai Dinus Application Competition 2016

1 Mar 2016

expo

Pada 28 Februari kemarin, Tim Calova yang merupakan mahasiswa – mahasiswi ilmu komputer UGM meraih penghargaan sebagai juara 1 pada acara DINACOM 2016 (Dinus Application Competition 2016) yang diadakan oleh Universitas Dian Nuswantoro di Semarang. Tim Calova sendiri beranggotakan Hanifia Dyonie (2013), Lucgu Qolfiera Muhammad (2013), Mochamad Afdal Wahyu (2013), dan Fachran Dhani Ahmad (2014).

DINACOM sendiri merupakan event yang di selenggarakan oleh DNCC (Dian Nuswantoro Computer Club) yang merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Dian Nuswantoro. Dengan mengusung tema “Free Your Creanovation Take Over the Market” pada tahun ini, event ini diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas dan jiwa technopreneurship dalam pengembangan aplikasi khususnya untuk para pelajar dan mahasiswa yang mempunyai sebuah aplikasi yang bermanfaat.

Hanifia Dyonie dan Lucgu Qolfiera saat penjurian DINACOM

Hanifia Dyonie dan Lucgu Qolfiera saat penjurian DINACOM

Tim Calova berhasil menjadi juara dengan aplikasi besutan mereka dengan nama yang sama, yaitu Calova. Aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan sebagai media untuk mengeksplor potensi yang dimiliki anak muda melalui kesempatan kesempatan seperti workshop, internship, scholarship, dan lain lain. Tentu saja acara yang ditawarkan disesuaikan dengan kecenderungan karater masing masing pengguna.

Tim Calova sendiri mendapatkan ide untuk aplikasi ini karena melihat di masyarakat, Hanifia Dyonie dan Lucgu Qolfiera saat penjurian DINACOMmasih banyak pemuda yang tidak mengetahui atau bingung dengan apa yang akan dia lakukan, dimana passionnya, dan apa yang akan dia lakukan di masa mendatang.

Hanifia Dyonie dan Lucgu Qolfiera saat penyerahan hadiah

Hanifia Dyonie dan Lucgu Qolfiera saat penyerahan hadiah

Saat ditanya tentang pembeda antara Calova dan apps serupa di pasaran, Lucgu Qolfiera Muhammad mengatakan bahwa applikasi serupa lainnya kebanyakan hanya menyediakan event event yang ada, sedangkan calova memberikan fitur filter dimana pengguna dapat memfilter event yang ada sesuai dengan minat pengguna. Minat pengguna sendiri didapatkan melalui tes psikologi yang disediakan pada apps. Tentu saja ini proses ini telah melalu riset terlebih dahulu.

Aplikasi calova sendiri sudah tersedia di playstore dan dapat di download secara gratis.