Ilmu Komputer UGM Sabet 3 Medali di Gemastik 8

30 Oct 2015

tim-ugmPada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015, ilmu komputer UGM kembali mengukir prestasi di kancah nasional. Kali ini ilmu komputer UGM, melalui mahasiswa dan mahasiswinya mampu menyabet 3 medali pada ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK 8 (GEMASTIK 8). GEMASTIK sendiri merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tiga tim yang mana 6 mahasiswa diantaranya merupakan mahasiswa Ilmu Komputer UGM, berhasil menyabet 3 medali pada 3 cabang yang berbeda di Gemastik 8. Adapun 3 medali ini adalah 2 medali perak dan 1 medali perunggu. 3 medali yang berhasil disabet oleh Ilmu Komputer UGM ini ikut berperan dalam mengantarkan Universitas Gadjah Mada untuk meraih juara 2 pada peringkat perolehan medali secara kumulatif untuk Universitas dimana UGM berhasil mengumpulkan 6 Medali dengan rincian 2 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu hanya terpaut 1 emas dari juara umum, ITB.

Berikut adalah daftar medali dan anggota tim yang berasal dari Ilmu Komputer yang mana berhasil mendapatkannya :

Tim Man Jadda Wa Jadda (Juara 2)

Tim Man Jadda Wa Jadda (Tengah)

  • Medali Perak lomba Desain User Experience : Tim Man Jadda Wa Jadda
    • Muhammad Zhafaruddin Pudya Wardana (Ilmu Komputer 2014)
    • Ema Nur Afifah (Ilmu Komputer 2014)
    • Nourma Jennie Aisyiyah (Ilmu Komputer 2014)
Afif Izzul Falakh ( 5 dari kiri ) bersama tim classionery

Afif Izzul Falakh ( 5 dari kiri ) bersama tim classionery

  • Medali Perak lomba Pengembangan Bisnis TIK : Tim Classionery
    • Afif Izzul Falakh (Ilmu Komputer 2013)
Tim Ahlul Bayaanaat Wal Khawa Arazamiyah (Kanan)

Tim Ahlul Bayaanaat Wal Khawa Arazamiyah (Kanan)

  • Medali Perunggu lomba Data Mining : Tim Ahlul Bayaanaat Wal Khawa Arazamiyah
    • Agung Nurdiyanto (Ilmu Komputer 2011)
    • Basith Zainurrohman (Ilmu Komputer 2011)

Dengan wawancara kami terhadap salah satu peraih medali, Basith Zainurrohman, dia mengatakan bahwa Gemastik tahun ini jauh lebih susah dan lebih berkelas. Dia melakoni babak final Gemastik dengan kondisi yang kurang fit ditambah lagi babak final data mining yang durasinya memakan waktu sangat lama dikarenakan adanya sesi presentasi. Akan tetapi, semangat yang mengebu-gebu datang dari timnya untuk membanggakan Ilmu Komputer dan juga UGM. Dengan slogan “Pantang lulus sebelum juara”, akhirnya kedua warga Ilmu Komputer 2011 ini berhasil membanggakan nama UGM pada ajang data mining. “Kini saya akhirnya dapat lulus dengan tenang. Ayo generasi selanjutnya, lanjutkan pencapaian kami”, gagasnya dengan sedikit bercanda.